Tips Mengatasi Kulit Wajah Kering

bukupediakesehatan - Punya kulit wajah kering, bahkan hingga pecah-pecah? Kulit wajah kering kesannya “lebih baik” dibanding kulit berminyak yang rentan jerawatan. Padahal kulit kering bisa membuat wajah terlihat kusam, sensitif, bahkan lebih cepat keriput. Bagaimana cara mengatasi kulit wajah kering supaya lebih lembab dan kenyal?

Tips Mengatasi Kulit Wajah Kering

Tips mengatasi kulit wajah kering

1. Hindari mandi lama dengan air panas

Anda mungkin memilih mandi atau berendam dengan air panas yang lama karena ini membantu Anda merasa santai setelah hari yang sibuk. Namun, mandi yang lama dengan air panas tidak baik bagi kulit. Ini mengangkat minyak dari kulit lebih cepat daripada mandi dengan air yang hangat. Minyak diproduksi untuk melindungi kulit supaya tetap lembap. Mandi lama dengan air panas membuat kulit kering.

Maka dari itu, Anda harus mandi dengan air hangat. Cuaca di luar panas dan tidak apa jika Anda mandi dengan air yang hangat. Dan mandi atau berendam hanya selama 5 hingga 10 menit.

2. Bersihkan kulit dengan lembut

Anda mungkin merasa bahwa kulit Anda lebih kotor di cuaca panas dengan keringat dan kotoran dari lingkungan. Sabun yang kuat seperti sabun antibakteri dan deodorant dan pembersih yang kuat mengangkat minyak dan sel-sel kulit yang alami. Anda harus membersihkan kulit dengan sabun ringan untuk mengangkat kotoran, kelebihan minyak, dan sel-sel kulit mati.

Pilih pembersih bebas sabun, alkohol, atau pewangi. Bersihkan kulit dengan lembut sewaktu Anda mencucinya. http://earn100dollarseasy.com/interesting-online-slot-gambling-games/ Anda dapat menggunakan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati satu atau dua kali seminggu. Ingatlah bahwa kulit Anda kering dan pecah-pecah. Jangan membuatnya semakin kering.

3. Jangan ketinggalan pakai pelembab

Penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Hidrasi baik bagi setiap kulit, terutama kulit kering. Anda dapat memakai pelembap setelah mandi dan mencuci wajah dan tangan. Tunggu hingga 5 menit untuk kulit Anda menyerapnya. Anda berkeringat di cuaca panas tidak berarti Anda tidak membutuhkan pelembap.

4. Hati-hati saat bercukur

Jika Anda seorang pria dan rutin mencukur kumis atau jenggot, ingatlah bahwa mencukur dapat mengiritasi atau bahkan melukai kulit, terutama jika kulit kering dan pecah-pecah. Sewaktu Anda mencukur rambut, Anda juga membuang minyak alami dari kulit.

Anda harus mencukur setelah mandi, ketika kulit terhidrasi dan rambut lembut. Gunakan busa mencukur, atau krim untuk melindungi kulit. Selalu mencukur mengikuti arah tumbuh rambut. Pisau cukur harus tajam sehingga Anda tidak perlu mencukur ulang area tersebut. Ganti pisau cukur secara rutin.

5. Gunakan tabir surya

Kulit Anda dapat melindungi tubuh Anda, tetapi ia juga membutuhkan perlindungan. Matahari dapat membuat kulit terbakar—bagi sebagian orang, kulit gelap terbakar adalah kulit yang modis. Namun, radiasi IV dari matahari dapat merusak kulit, menyebabkan kulit terbakar, atau kanker kulit. Dan Anda tahu, di cuaca panas, kulit dapat lebih sering terpapar matahari.

Anda harus menggunakan tabir surya. Faktor perlindungan matahari (SPF) harus 30 atau lebih. Semakin lama Anda berada di bawah sinar matahari, semakin tinggi SPF tabir surya yang harus Anda pilih. Oleh karena tabir surya tidak melindungi kulit sepenuhnya, Anda harus menggunakan pakaian untuk menutupi kulit.

Perawatan kulit sangatlah penting untuk menjaga penampilan baik dan kesehatan kulit, terutama di cuaca panas dan ketika kulit Anda kering dan pecah-pecah. Cuaca panas membuat kulit Anda terpapar lebih banyak faktor resiko dan kulit kering membuat kulit itu sendiri menjadi lebih rentan.